ARTICLE

MANFAAT KACANG ALMOND

Kacang almond termasuk kacang biji, artinya kacang almond sebenarnya adalah biji dari buah almond. Kacang almond sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung serat, vitamin dan mineral. Kacang ini rasanya lezat sehingga banyak digunakan sebagai tambahan dalam berbagai makanan. Kacang almond dapat digunakan sebagai kacang almond utuh, tepung almond, susu almond (santan almond), atau minyak almond. Beberapa manfaat kacang almond antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sumber Energi
Kacang almond mengandung karbohidrat dan protein yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Menambahkan almond dalam makanan berarti manambahkan energi, gizi dan rasa lebih enak pada makanan.

2. Membangun Otot
Protein yang terdapat dalam kacang almond bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel dan jaringan otot.

3. Mengendalikan Tekanan Darah
Kacang almond banyak mengandung potassium yang diketahui dapat mengendalikan tekanan darah.

4. Memperkuat Tulang
Makan kacang almond dapat membantu menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat karena kacang almond mengandung kalsium yang membentuk struktur tulang.

5. Memperbaiki Angka Kolesterol Darah
Karena almond mengandung lemak lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat). Mengkonsumsi almond dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat).

6. Sumber Antioksidan
Almond merupakan sumber vitamin E yang memadai. Vitamin E merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

7. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit
Selain sebagai antioksidan, vitramin E yang terdapat dalam kacang almond juga menyehatkan kulit. Susu (santan) almond banyak digunakan pada produk sabun modern untuk menghaluskan kulit. Minyak almond digunakan untuk melembabkan kulit.

8. Mengurangi Resiko Gangguan Metabolisma
Almond mengandung mineral mangan dalam jumlah yang memadai. Mangan sangat penting dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid dalam mengendalikan laju metabolisma sehingga mengurangi resiko gangguan metabolisma.

9. Membantu Mengendalikan Berat Badan
Mangan, tembaga dan Riboflavin yang terdapat dalam biji almond membantu metabolisma tubuh dalam mengelola glukosa dari karbohidrat untuk menghasilkan tenaga, sehingga mengurangi resiko kelebihan berat badan dan obesitas.

10. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Almond mengandung serat pangan (dietary fiber) yang melancarkan pencernaan sehingga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

11. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Almond mengandung fitokimia seperti beta-sitosterol stigmasterol, dan campesterol yang dianggap berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Makan almond dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

12. Menjaga Kesehatan Bayi dalam Kandungan
Almond mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil, karena asam folat membantu pertumbuhan bayi yang normal. Kekurangan asam folat bagi ibu hamil beresiko melahirkan bayi cacat.